1. Benar – benar mendengarkan mereka
Seorang pelanggan yang datang pada bisnis Anda tentu
menginginkan sebuah solusi dari masalah yang mereka miliki. Ketika mereka
bercerita dan mengeluhkan sebuah masalah maka tugas Anda adalah mendengarkan
mereka dengan baik dan memperhatikan setiap detail kebutuhan mereka. Jangan
pernah sekalipun menyela ucapan mereka. Dengarkan dan perhatikan saja apa yang
mereka ingin sampaikan. Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan
mudah menawarkan solusi kepada mereka.
2. Jangan mengabaikan mereka
Pelanggan hanya ingin dilayani dengan cepat, bahkan jika
jawaban Anda tidak dapat dikirimkan segera, mereka masih tetap ingin
mendapatkan jawaban yang mereka inginkan. Jangan pernah mengabaikan setiap
pertanyaan pelanggan. Dan jangan sampai Anda mengingkari setiap janji yang Anda
buat kepada mereka. Buatlah janji yang mudah untuk Anda penuhi.
3. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan
Anda pasti sadar bahwa melayani pelanggan bukanlah hal yang
mudah. Mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka tentu tidaklah
mudah. Anda juga tidak bisa memastikan bahwa segala kebutuhan pelanggan dapat
Anda penuhi dengan cepat. Tapi ini bukan berarti Anda tidak mau mendengarkan
atau bahkan mengabaikan permintaan pelanggan. Anda bisa mengakomodasi setiap
permintaan pelanggan. Meskipun banyak dan tidak mungkin, pelanggan akan tetap
menjadi brand ambassador potensial bagi bisnis Anda.
4. Membangun kepercayaan
Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam upaya membangun
kepercayaan bagi pelanggan Anda. Anda memang harus terus memberikan pelayanan
terbaik mulai dari mendengar hingga memenuhi janji kepada pelanggan Anda.
Ketika Anda mampu memberikan apa yang pelanggan inginkan dan terus memberikan
pelayanan terbaik, secara otomatis pelanggan akan mempercayai apa yang Anda
tawarkan.
5. Hidupkan nilai perusahaan
Untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan akan bertahan lama
di pasaran, mereka harus bisa menghidupkan nilai perusahaan. Salah satu caranya
yaitu melalui pelayanan kepada pelanggan. Anda dapat menunjukkan apa dan
bagaimana bisnis Anda melalui tata cara dan teknik Anda dalam melayani
pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Setiap karyawan yang dimiliki harus
tahu cara ini, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan bertemu dengan
salah satu pelanggan Anda di luar sana.
No comments:
Post a Comment
silahkan kirim komentar anda