Saturday, 17 February 2018

MANAJEMEN DAN MANAJER


MANAJEMEN DAN MANAJER
MANAJER
       Yaitu orang yang menggunakan dan bertanggungjawab terhadap sumberdaya-sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan.

Klasifikasi manajer
1. Berdasarkan tingkatan dalam organisasi
2. Berdasarkan ruang lingkup kegiatan yang   dikelola
 
Berdasarkan tingkatan dalam organisasi
1.       Manajer lini pertama (lower manager), contohnya mandor, supervisor, dll.
2.       Manajer menengah (middle manager), contohnya kepala departemen, manajer cabang, dll.
3.       Manajer puncak (top manager), contohnya presiden direktur, direktur, dll.

Berdasarkan ruang lingkup kegiatan yang dikelola
a.    Manajer umum => bertanggungjawab atas keseluruhan kegiatan organisasi.
b.    Manajer fungsional => bertanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi seperti produksi, pemasaran, keuangan, personalia, dll.

Rounded Rectangle: DirekturHubungan antara manajer umum dan fungsional









Rounded Rectangle: Manajer 
Personalia

Rounded Rectangle: Manajer 
Pemasaran



Rounded Rectangle: Manajer
Keuangan


 









Manajemen Administratif
dan Operatif
       Perbedaan tingkatan manajemen akan membedakan fungsi manajemen yang dilaksanakan.

       Terdapat dua fungsi utama manajemen, yaitu:
1.       Manajemen administratif
2.       Manajemen operatif

Manajemen administratif lebih berurusan dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan.
Manajemen operatif lebih berurusan dengan kegiatan pengarahan.

Perbedaan manajer administrasi dan operatif dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen


 














       Pada tingkatan manajemen rendah, para manajer akan banyak melaksanakan fungsi manajemen operatif.
       Semakin tinggi tingkatannya, para manajer menjadi lebih terlibat dalam manajemen administratif.

       Peran-peran Manajer
  1. Peran antar pribadi:
      Pemuka simbolis, misalnya menerima tamu, upacara seremonial, dll.
      Pemimpin, misalnya mengatur, memimpin, dll.
      Perantara, misalnya berhubungan dengan pihak luar.
  1. Peran informasional:
      Monitoring
      Penerus informasi
      Perwakilan, misalnya wakil organisasi
  1. Peran pembuatan keputusan:
      Pengalokasian sumber daya
      Negotiator

Ketrampilan manajer
      Terdapat tiga jenis ketrampilan manajer, yaitu:
1.      Conseptual skill
2.      Human skill
3.      Technical skill

      Conseptual skill adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
      Human skill adalah kemampuan untuk bekerja dengan orang lain, memahami dan memotivasi bawahan.
      Technical skill adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan, prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu.

Setiap ketrampilan harus dimiliki oleh setiap manajer, tapi proporsinya tergantung dari tingkatan manajer tsb.

Manajer puncak lebih membutuhkan ketrampilan konseptual sebaliknya manajer bawah lebih membutuhkan ketrampilan teknikal.
Description: Management+Levels+&+Skills+Mix.jpg





  

No comments:

Post a Comment

silahkan kirim komentar anda