Saturday 17 February 2018

Pengertian dan Fungsi Manajemen



Pengertian manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team.
Secara bahasa atau etimologi manajemen disadur dari bahasa Perancis Kuno yaitu ménagement yang artinya adalah seni melaksanakan serta mengatur. Manajemen dikatakan suatu seni karena memiliki suatu keindahan dari segi kerapian, tersusun secara sistematis, dan indah dipandang oleh mata. Sebagai contoh adalah dalam sebuah proses pembuatan batik, apabila motif yang dibuat sembarangan atau tidak tersusun dan termanajemen dengan baik maka seni di dalam batik itu akan hilang dan tak indah bila mata memandang.
Manajemen adalah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain” Mary Parker F.
“Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.” George R. Terry
“Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan” Stoner
1.      Plannning (Perencanaan)
Proses ini untuk menentukan tujuan dari perusahaan/organisasi dalam bentuk visi dan misi baik jangka panjang dan jangka pendek. Selain itu, strategi-strategi yang harus ditempuh juga sudah harus ditentukan dari awal. Supaya, dalam pelaksanaannya akan mudah untuk mencapai tujuan perusahaan.
2.      Organizing (Pengorganisasian)
Fungsi ini berguna untuk mengorganisasi/mengatur orang-orang yang ada dalam organisasi/perusahaan tersebut. Supaya, mereka dapat menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dengan maksimal. Istilah kerennya adalah the right man at the right place.


3.      Actuating
Fungsi ini berguna untuk mengarahkan karyawan agar tidak melenceng dari tujuan yang diharapkan.
4.      Controlling
Ini adalah fungsi terakhir manajemen, setelah semuanya dilakukan maka langkah terakhir adalah mengontrolnya. Dalam fungsi ini terdapat elemen-elemen penting, misalkan evaluasi dan pembuatan kebijakan baru. Fungsi controlling ini penting, supaya kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun minimal standard kalau bisa meningkat. 
Menurut saya, Manajemen merupakan sebuah pondasi dalam membangun suatu usaha serta menjadi penentu perusahaan itu maju atau tidak berdasarkan manajemen yang baik. Di dalam perusahaan manajemen terbagi menjadi beberapa bagian :
a.       Manajemen SDM (Sumber daya manusia)
Yang berfungsi sebagai pemerhati bagaimana kondisi pekerja dan menyeleksi pada saat perekrutan karyawan baru.
b.      Manajemen kesehatan, keselamatan kerja (K3)
Fungsi yang menjamin keselamatan dan kesehatan karyawan dalam suatu perusahaan.
c.       Manajemen Humas
Berfungsi sebagai pengatur hubungan dengan masyarakat sekitar dan menerima keluhan masyarakat jika ada masalah dengan usaha yang kita jalankan.

Berdasarkan ini manajemen merupakan unsur terpenting dalam menentukan usaha itu ingin maju dan berhasil atau tidak. Tanpa adanya manajemen yang baik suatu usaha tidak akandapat berkembang dengan baik..

No comments:

Post a Comment

silahkan kirim komentar anda